Selasa, 23 Februari 2010

Vertebrata dan invertebrata

Makhluk hidup ciptaan Allah ada banyak sekali, luar biasa. Saya percaya, walau demikian banyak makhluk hidup yang sudah kita temukan dan namai, pasti ada makhluk hidup yang tidak pernah manusia temukan. Contohnya saja makhluk hidup pada kedalaman laut paling dalam, dimana manusia sulit untuk sampai kesana. Saya sering mengatakan kepada Abbas yang sangat menganggumi paus dan hiu yang menurutnya sangat besaaarr, bahwa pencipta paus dan hiu (Allah Azza wa Jalla) jauh lebih hebat dari hewan-hewan itu.Mengklasifikasikan makhluk hidup adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi kami. Kami mulai memisahkan mana makhluk hidup yang tergolong vertebrata dan invertebrata. Untuk science grade satu, kami mengambil dari msnucleus, alhamdulillah lengkap sekali mulai dari kindergarten sampai elementary 6th grade. Kembali ke vertebrata dan invertebrata kami mulai dengan membandingkan hewan yang vertebrata dengan yang invertebrata, menemukan habitat masing-masing hewan, membaca cerita mengenai binatang (mengeluarkan buku-buku lama tentang binatang untuk dibaca), membuat dan menggunakan boneka (tepatnya wayang-wayangan) binatang yang saya print untuk dijadikan cerita, terakhir membedah tubuh hewan invertebrata dan vertebrata. Untuk invertebrata saya memilih cumi-cumi untuk dibedah, sedang untuk hewan vertebrata saya memilih ayam, alasan pemilihan hewan tersebut karena mudah didapat dipasar-pasar :) . Terakhir tentu saja kami akhiri dengan masak bersama hewan-hewan yang tadi kami pelajari.

Kami juga belajar geografi dengan berbekal kalender Atlas binatang (Hadiah dari keluarga Sutikno kepada kami), Bola dunia, paspor dan Visa. Ceritanya Kami naik pesawat garuda ke banyak belahan dunia demi untuk mencari tahu mengenai binatang-binatang vertebrata dan invertebrata. Tempat yang kami kunjungi pertama kali adalah negara-negara di Afrika lalu ke Australia, ke kutub artik dan antartika lalu ke asia terus ke Amerika. Setiap kami mendarat disuatu negara kami harus menunjukkan paspor dan visa kami ke bagian imigrasi. Petualangan yang menyenangkan karena didramatisir dengan dikejar beruang kutub, melihat kadal dan ular derik, di ikuti kalajengking, melihat ubur-ubur dan sebagainya. Saya juga baru tahu kalau beruang kutub dan pinguin tidak pernah bertemu, karena mereka tinggal di kutub yang berbeda. Atau ada lumba-lumba yang hidup di sungai dan berwarna merah jambu. Subhanallah… saya jadi makin mengaggumi kekuasaan Allah, mudah-mudahan anak-anak saya juga begitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar